Sejarah Komputer

Assalamualaikum Warahmatumatullahi Wabarakatuh

Selamat pagi? Selamat siang? Selamat sore? atau malam? ahahaha 

Intinya semoga semua pembaca blog saya diberi kesehatan jasmani maupun rohani yaa

 

Pekenalkan nama saya Leony Karina bisa dipanggil Karin. Saya berasal dari kota Jember, sekarang saya menempuh pendidikan di perguruan tinggi Universitas Jember. Saya masuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah. Yaa kalau dilihat dari cita-cita saya jauh sih bisa masuk ke FKIP. Jadi cita-cita saya itu menjadi MUA, karena dari SMP saya suka banget di dunia make up. Jadinya saya memutuskan SMA untuk mengikuti beberapa class make up dan mendapatkan sertifikat. Setelah itu saya melanjutkan Pendidikan saya di perguruan tinggi setelah lulus. Kalau ditanya kok bisa seperti itu? Ceritanya panjang ahahaha. Sekian perkenalan dari saya, terimakasih.









Di blog pertama saya ini, saya ingin memberikan pengetahuan tentang sejarah dan komputer di dunia ini. Jadi ada empat periode komputer berdasarkan hardware yang digunakan. Mari saya beri penjelasannya dibawah ini.

1. Peralatan Manual

Peralatan manual ini ditemukan pada 3.000M-1450. Peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dimana faktor yang terpenting dalam pemakaian alat ini adalah menggunakan tenaga manusia. Berikut ada beberapa contoh peralatan manual seperti:

    a. Abacus/cipoa yang berasal dari Mesir dan ditemukan pada +1100M.



    b. Napier's bones yang ditemukan pada tahun1617. Penemu dari Napier's bones yaitu                John Napier. Fungsi dari Napier's bones sendiri yaitu untuk perkalian.


2. Peralatan Mekanik

Peralatan mekanik ini ditemukan pada tahun 1450-1840. Peralatan ini sudah berbentuk mekanik yang mana sudah digerakan dengan tangan secara manual. Ada beberapa contoh dari peralatan mekanik seperti:

    a. Pascaline ditemukan pada tahun 1642-1644. Penemu Pacaline tersebut ialah Blaise                    Pascal. Pascaline memiliki fungsi tersendiri yaitu untuk penambahan dan pengurangan.


    b. Analytical Enaine ditemukan pada tahun 1834. Penemu alat tersebut yaitu Charles                    Babbage. Fungsi dari Analytical Enaine untuk general purpose, fully program controlled,         automatic mechanical digital computer.




    c. Step Reckoner ditemukan pada oleh Gottfried Wilhelm Von Leibniz berasal dari German         pada tahun 1671. Fungsi dari Step reckoner itu sendiri untuk penambahan, pengurangan,         dan pengalian.


3. Perlatan Mekanik Elektronik 

Peralatan mekanik elektronik ini ditemukan pada tahun 1840-1940. Peralatan mekanik yang digerakan secara otomatis oleh motor elektronik. Peralatan mekanik elektronik memiliki contoh seperti:

    a. Mark I ditemukan pada tahun 1943. Diciptakan oleh Prof. Howard Aiken dimana Mark I            mempunyai fungsi tersendiri yaitu mengalikan 10 digit bilangan dengan waktu 5 detik,            pre-programmed instructions automatically without any manual interference.




    b. Torpedo Data Komputer ditemukan pada saat perang dunia II. Torpedo data komputer            memiliki fungsi yaitu perhitungan trigonometri untuk terpedo fire-control.


 

Setelah membahas tentang empat periode komputer, di sini saya akan membahas tentang generai komputer, berikut penjelasannya secara singkat.

Komputer Generasi I



Komputer generasi pertama digunakan saat akademi dan militer. Seperti menyelesaikan sistem  persamaan linear dan komputer Colossus untuk memecahkan kode rahasia Jerman Nazi. Komputer generasi pertama ini mempermudah mahasiswa pascasarjana menyelesaikan tugas pendidikan mereka. Kegunaan berikutnya bisa memperhitungkan ramalan cuaca dan mampu menghitung tabel balistik trayektori tembakan artileri dan bom oleh angkatan darat Amerika Serikat pada saat PD II. Komputer generasi pertama memiliki kelemahan seperti menimbulkan panas yang tinggi dalam mesin komputer dan secara spesifik, komputer jenis ini memiliki dimensi fisik yang sangat besar sehingga memakan tempat yang besar pula. 

Komputer Generasi II



Komputer generasi kedua sudah mulai digunakan untuk urusan yang lebih umum seperti pemerintahan, bisnis, universitas. Jika dilihat perkembangannya, komputer generasi kedua sudah mengalami perkembangan tidak seperti komputer generasi pertama. Namun, perkembangannya secara bertahap. Komputer generasi kedua ditemukan pada tahun 1964-1971. Komputer generasi ini mengganti komponen tabung hampa dengan transistor sebagai komponen elektronik dalam komputer. Kegunaan komputer ini memiliki kecepatan yang lebih tinggi dalam mengeksekusi program dibandingkan komputer menggunakan tabung hampa. Jika komputer generasi pertama dimensi fisiknya besar tetapi komputer generasi kedua memiliki dimensi fisik yang lebih kecil dan biaya produksinya yang lebih murah.

Komputer Generasi III



Komputer generasi ketiga ditemukan pada tahun 1965-1971. Komputer ini mengganti komponen integrated circuit (IC). Sudah dipastikan komputer generasi ketiga sudah lebih canggih dari pada generasi sebelumnya. Dengan adanya sistem operasi, mesin dapat menjalankan bebrapa program sekaligus. Kinerja komputer lebih cepat, hingga 10 ribu kali cepat dari pada komputer generasi sebelumnya. Di komputer generasi ketiga ini menghasilkan panas yang berlebihan seperti pada komputer generasi sebelumnya. 


Pasti kalian pernah mendengar istilah "ngebug", yang dimana artinya saat handphone atau laptop kita mengalami kesalahan atau eror. Jika kalian tahu, istilah "negbug" berasal dari nama serangga yaitu "bug" yang ditemukan pada paper tape. Sayap serangga tersebut menghalangi pembacaan lubang paper tape. 


Setelah saya memberikan sedikit penjelasan tentang sejarah komputer, saya ingin memberikan sedikit motivasi untuk pembaca blog saya


" jangan pernah menggantungkan kebahagiaanmu sesuai perkataan mereka. ikuti kata hatimu sendiri. maka kau akan tenang" -tulisan tangan bagas

Sekian penjelasan dari saya, mohon maaf jika ada salah kata, semoga bermanfaat. Terimakasih

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh  



Komentar